S3 Pend. Matematika FKIP Unsri sesuai SNPT dan KKNI

Pada hari Sabtu pagi tanggal 21 Mei 2016 di Aula Program Pascasarjana FKIP Unsri Bukit Besar, Rektor Unsri yang diwakili Dekan FKIP Unsri, Prof. Sofendi, melantik Prof. Zulkardi menjadi Kaprodi Pendidikan Matematika Program Doktor (S3) masa jabatan 2016-2020. Dalam acara tersebut, Dekan menjelaskan bahwa Unsri khususnya FKIP sangat bangga akan hasil kerja tim ini karena merupakan program doktor pertama di FKIP Unsri. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa Program S3 pendidikan matematika ini adalah yang pertama di luar pulau Jawa dan yang pertama untuk FKIP se-Indonesia. Sebelumnya hanya ada pada empat Universitas mantan IKIP yaitu di Bandung (UPI), Surabaya (Unesa), Malang(UM) dan Semarang (Unnes).

Menariknya, beban studi prodi S3 ini hanya 42 sks untuk 6 semester. Bandingkan dengan beban studi S2 sebanyak 36 sks dan S1 sebanyak 144 sks. Kuliah tatap muka hanya satu semester terdiri dari empat mata kuliah dengan total 12 sks, sedangkan sisanya 30 sks untuk penelitian disertasi dan publikasi. Jadi perkuliahan hanya semester pertama sedangkan sisanya hanya penelitian di lapangan, seminar dan menulis.

Kurikulum S3 ini dibuat berdasarkan Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan juga memenuhi standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada SNPT, hal yang baru adalah kewajiban calon doktor untuk presentasi pada seminar internasional serta mempublikasikan artikel hasil penelitian disertasinya pada jurnal Internasional bereputasi. Pada beberapa media dijelaskan beberapa argumentasi Menristekdikti terkait publikasi internasional ini yaitu untuk meningkatkan daya saing universitas yang pada akhirnya meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. Selain itu, yang juga penting adalah setelah menyandang gelar doktor diharapkan mereka tidak kikuk untuk menulis artikel hasil penelitian dan menerbitkannya pada jurnal internasional bereputasi yang merupakan syarat untuk naik jabatan seperti professor. Sedangkan untuk KKNI, kurikulum program S3 ini telah disusun sesuai dengan kompetensi level 9 yang merupakan level tertinggi.

Biaya kuliah pada program doktor pendidikan matematika FKIP Unsri ini cukup murah dibandingkan di tempat lain yaitu hanya uang kuliah tunggal (UKT) sebesar Rp. 9 juta per-semester. Selain bayar sendiri, calon doktor dapat mengusulkan beasiswa. Sebagai contoh beasiswa dari Pemerintah provinsi atau Kabupaten/Kota yang biasanya diberikan khusus kepada guru berprestasi. Begitu juga beasiswa LPDP atau Kemristekdikti untuk calon doktor yang statusnya dosen.

Seperti program S2 pendidikan matematika FKIP Unsri, program S3 ini juga selain kelas regular juga membuka kelas Internasional yang merupakan kerjasama antara Unsri dengan Utrecht University di Belanda. Sementara ini, tipe kerjasamanya merupakan Kredit Transfer dimana mahasiswa calon doktor dapat pergi ke Belanda ambil mata kuliah yang sama dan diakui disini misalnya Advance Realistic Mathematics Education (Pendidikan Matematika Realistik lanjut). Biaya diharapkan dapat menggunakan skim dana LPDP atau Kemristekdikti. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi atau dilalui oleh calon seperti kemampuan bahasa Inggris, menulis dan wawancara.

Pendaftaran dilakukan secara online di www.usm.unsri.ac.id dengan deadline waktu pendaftaran tahap ini paling lambat 31 Mei 2016. Selain mengisi formulir yang tersedia, calon juga harus menyertakan berkas lainnya seperti cv, copy ijazah dan transkrip. Biaya pendaftaran sebesar Rp.1,5 juta yang meliputi biaya tes TPA, tes Bahasa Inggris, tes Bidang Ilmu dan Wawancara. Untuk penerimaan pertama ini hanya akan menerima mahasiswa calon doktor sebanyak 4-6 orang. Hal ini dikarenakan selain keterbatasan jumlah Promotor yang baru ada dua orang professor, juga untuk mengutamakan kualitas perkuliahan, penelitian dan publikasi calon doktor dalam mencapai gelarnya.

Prof. Zulkardi menjelaskan selain beberapa kelebihan di atas, sejak satu dekade yang lalu kami di Unsri telah menyiapkan beberapa aktivitas dan kegiatan ilmiah yang sudah dikenal di Indonesia maupun Asean. Kegiatan ini meliputi:

(1) South East Asian Design Research Conference (SEA-DRC, www.sites.google.com/site/kondriunsri2013 ), konferensi desain riset dimulai sejak 2012 dan dilaksanakan di Palembang. Tetapi untuk tahun 2016 dilaksanakan di Universitas Negeri Padang sedangkan untuk tahun 2017 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin;

(2) Kontes Literasi Matematika dan Sains (KLM-S, www.pisaindonesia.wordpress.com ) sejak 2011 dilaksanakan di Palembang dan diikuti oleh 12 kota di Indonesia sejak 2012. Final yang mempertemukan para finalis dilaksanakan di PPPPTK Jogyakarta;

(3) Pusat Pengembangan dan Penelitian Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI, www.p4mri.net ) portal PMRI sejak 2006; serta

(4) Journal on Mathematics Education (JME, www.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme ) sejak 2010. JME ini adalah jurnal internasional yang telah terakreditasi Kemristekdikti tahun 2015 dan sedang diusahakan untuk menjadi jurnal internasional bereputasi.(Zul)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: